no iklan -JEMPOl www. comra61@gmail.com sejahtera bersama https://tonicomara.blogspot.com/

SEJAHTERA BERSAMA

Monday 14 December 2015

BEKERJA KERAS



Di dalam Al Qur‘an telah dijelaskan bahwa tugas maunusia di muka bumi ini adalah sebagai kholifah . Apa tugas utama kholifah yakni memimpin orang lain  dan mewujudkan kesejahtaraan. Oleh karena itu Alloh memerintahkan manusia tidak hanya berdoa atau beribadah untuk mendapatkan kebahagiaan di akhirat namun harus diiringi dengan kerja keras untuk kehidupan di dunia.
Rasululloh mensabdakan agar kita selalu beribadah seolah olah besok kita sudah tiada atau meninggal dunia dan Rasululloh SAW juga memerintahkan umatnya untuk selalu bekerja keras seolah olah mau hidup selamanya.
Sudah menjadi fitroh manusia bahwa manusia adalah mahluk hidup yang suka bermasyarakat, bukan individu yang soliter. Untuk itu manusia harus saling berinteraksi bukan hanya untuk mencukupi kebutuhan hidupnya namun juga untuk mempersiapkan bekal di akhirat kelak.
Dalam mencukupi kebutuhan hidup tentu diperlukan kemampuan dan ketrampilan yang memadai. Kemampuanj yang diperlukan meliputi kondisi fisik dan psikisnya sedangkan ketrampilan menyangkut soft skill dan hard skill sesuai bidang tugasnya. Soft skill termasuk kemampuan mengendalikan emosi dan kemampuan berhubungan dengan lingkungan dan hard skill adalah kemapuan operasional untuk mnyelesaikan suatu tugas.


Di lain segi salah satu anugerah ilahi yang diberikan Tuhan kepada mahluk yang namanya manusia adalah diberikannya akal atau budi. Mahluk lain tidak diberikan amanah itu. Namun manusia terkadang lupa diri sehingga derajadnya bisa di bawah binatang. Dengan akal dan budi itu maka manusia sudah sewajarnya bekerja dengan sebaik baiknya agar hidupnya berkualitas. Jangan sampai hanya berdiam diri menunggu nasib. Bukankah nasib manusia sebenarnya bisa dirubah? (takdir yang tidak bisa) Tuhan berfirman bahwa sesungguhnya Alloh tidak akan merubah nasib seseorang kecuali orang tersebut berusaha merubahnya.
Dari uraian ringkas tersebut dapat disimpulkan bahwa bekerja keras adalah sebuah kewajiban. Alloh dan Rasululloh memerintahkan manusia agar menjadi penguasa dan pengelola dunia sesaui dengan bidang dan kemampuannya usaha semaksimal mungkin dan hasilnya Alloh yang menentukan , mengapa kita tidak mau berusaha ?

0 comments:

Post a Comment

ADDS

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Recent Posts

Pages

Theme Support